Lady Gaga, Siapa Judas?

Born This Way Single terbaru Lady Gaga dari album "Born This Way" telah resmi dirilis.  Single tersebut berjudul "Judas". Sekilas melihat judul itu, saya langsung curiga kalau-kalau judul lagu ini memiliki kaitan dengan agama tertentu. Ternyata dugaan saya tidak meleset. Setelah mendengar lagunya, saya semakin yakin bahwa lagu ini mengandung unsur keagamaan. Apalagi di salah satu bait lagu ini, sempat terdengar nama "Jesus" disebut. Tak lama, kemudian saya membaca kicauan Gaga di Twitter tentang video klip "Judas" di mana ia akan memerankan Maria Magdalena. Tak ayal lagi, lagu dan video ini pasti akan menuai kontroversi.

Dalam lirik lagu "Judas", jelas sekali bahwa Gaga sedang jatuh dengan seseorang bernama Judas. Lalu, siapakah gerangan Judas itu? Saya semakin bertanya-tanya penasaran. Teman saya, Selly Galvani yang berlatar belakang multireligi mengira Judas itu adalah Yesus. Tapi, itu salah. Teman saya yang lain, Hosianna Situmorang pun meluruskan bahwa Judas itu bukan Yesus, melainkan salah satu murid Yesus Kristus, yang dikenal sebagai Yudas Iskariot. Lalu, mengapa Judas begitu "istimewa" hingga dijadikan lagu oleh Gaga?

Rasa penasaran saya belum sepenuhnya teratasi, akhirnya saya pun meng-googling kata "Judas" dan frase "Siapa Judas", "Siapa Judas Lagu Lady Gaga". Fakta menarik berhasil saya temukan. Kristen dan Islam memiliki pandangan atau versi yang berbeda terkait siapa Judas sebenarnya. Tanpa bermaksud mempertentangkan kedua agama atau menghakimi mana yang benar dan mana yang salah, saya akan memaparkan dua versi "Siapa Judas" tersebut. Versi mana yang benar dan mana yang keliru mungkin hanya Tuhan yang tahu. Anda mau percaya yang mana, saya kembalikan pada keyakinan anda masing-masing.

Judas Pengkhianat

Judas Iscariot (Indonesia: Yudas Iskariot, Ibrani: יהודה איש־קריות‎) adalah salah satu dari 12 murid Yesus. Bagi umat Kristiani, Yudas adalah manusia terhina yang pernah terlahir ke dunia ini, pasalnya, ia telah mengkhianati Yesus hanya demi tiga puluh uang perak. Dengan imbalan uang tersebut, Yudas memberitahukan persembunyian Yesus dan harus menunjukkan orang yang bernama Yesus.

Seperti yang dilansir Wikipedia, ada beberapa penjelasan mengapa Judas mengkhianati Jesus. Penjelasan paling lazim, Judas mengkhianati Yesus demi 30 keping perak (Matthew 26:14-16). Salah satu kelemahan Judas nampaknya adalah uang (John 12:4-6). Ada juga kemungkinan bahwa Judas menduga Yesus akan menggulingkan imagepenguasaan Romawi di Israel. Dalam pandangan ini, Judas adalah seorang murid yang kecewa. Ia mengkhianati Yesus bukan semata karena ia menyukai uang, tetapi karena ia mencintai negaranya dan berpikir bahwa Yesus menjatuhkan negaranya. Menurut Luke 22:3-6 dan John 13:27, setan merasuki dirinya dan memintanya untuk melakukan itu. Yesus menduga (John 6:64, Matthew 26:25) dan membiarkan pengkhianatan Judas (John 13:27-28). Penjelasan mengapa Yesus membiarkan pengkhianatan itu adalah karena ini akan mengizinkan rencana Tuhan terpenuhi. Pada April 2006. manuskrip papirus Koptik berjudul Gospel of Judas dari 200 AD diterjemahkan. Manuskrip ini merujuk bahwa Yesus yang meminta Judas untuk mengkhianatinya, walaupun sejumlah ahli mempertanyakan terjemahan tersebut.

Judas Bukan Pengkhianat

Berbeda dengan keyakinan umat Kristiani yang menyebut Judas (salah satu murid Yesus) sebagai pengkhianat, Alquran menyatakan bahwa para hawariyyin (murid-murid Yesus) adalah orang-orang soleh, taat, dan setia, tidak satu ayat pun yang menyatakan baik secara eksplisit maupun implisit, bahwa salah seorang hawariyyin telah menjadi pengkhianat.

Yudas Iskariot diyakini sebagai seorang yang terbesar/termulia dari antara keduabelas murid-murid Yesus. Yudas sengaja diserupakan dengan Yesus, ketika orang-orang yang akan menangkap Yesus terjatuh ke tanah, sehingga tidak menyaksikan proses penyerupaan Yudas ke Yesus. Oleh karena itu, mereka menyangka bahwa orang yang mereka tangkap adalah Yesus Kristus, padahal sesungguhnya adalah Yudas Iskariot yang telah diserupakan dengan Yesus. Lebih lanjut, disebutkan bahwa orang yang ditangkap, diadili, dan disalib bukan Yesus, melainkan Yudas (baca: Seputar Judas).

Menuai Protes Kelompok Agama

Mariano Vivanco Seperti sudah saya duga juga, lagu ini pada akhirnya menuai kontroversi dan dikecam pemuka agama Kristen dan Katolik (baca: Lady Gaga's 'Judas' Upsets Religious Groups). Seperti yang diwartakan The Hollywood Reporter berikut:

"She is trying to rip off Christian idolatry to shore up her talentless, mundane and boring performances," says the president of the Catholic League.

Lagu saja sudah membuahkan kontroversi, apalagi video klipnya yang pasti bakal makin membuat gusar. Dikabarkan, Lady Gaga akan memainkan peran sebagai Maria Magdalena di video klip "Judas" kelak (baca: Lady Gaga Explains Upcoming 'Judas' Video).

Baru-baru ini lewat situs mikroblogging Twitter, Gaga mengumumkan pemutaran perdana video klipnya itu pada 5 Mei 2011.

onoidub RT @ladygaga: JUDASVIDEO PREMIERE 5.5.11 on E! 7/6c + 11:30/10c. Motorcycle Fellini PopArt FantasyFilm + Haus Directorial Debut.

image

Pandangan Pribadi

Apa yang dilakukan Lady Gaga saat ini sudah out-of-control dan semakin mengarah pada mind-controlling. Artis yang kerap menyebut dirinya Mother Monster ini tak segan-segan mencampuradukkan simbol-simbol sakral keagamaan dalam karya-karyanya. Lihat saja aksi Gaga sebagai biarawati di video klip "Alejandro" yang dianggap melecehkan agama tertentu. Jujur, saya lebih suka Lady Gaga di album "The Fame". Di situ, Gaga lebih banyak mengeksplorasi lagu-lagu tentang ketenaran, kekayaan, dan budaya pop. Semakin ke sini, tema yang diambil gaga semakin 'hitam'. Di album "The Fame Monster" lagu-lagu Gaga bertemakan monster, vampir, dan kematian. Selanjutnya, di album terbarunya, "Born This Way", Lady Gaga seperti ingin mendirikan sekte kepercayaan tersendiri dengan lagu-lagu berbau kepercayaan dan agama. Ya, semoga saja tidak mengarah ke pemujaan setan (tapi sepertinya sudah ke situ).

Posting Komentar

6 Komentar

  1. emang judas tersebut yg diserupakan dengan yesus oleh tuhan, yesus sendiri diangkat kelangit dgn selamat, ahirnya yudas dibunuh dgn jalan disalib itu sebenarnya, karna yesus sendiri dilindungi oleh tuhan & tuhan maha perkasa

    BalasHapus
  2. Mba sepakat dengan pembahasan nya :)

    Aku ada yang baru nih tentang Lady Gaga, tapi disangkut pautkan sama Ekonomi

    http://skhatzey.blogspot.com/2012/03/lady-gaga-keindahan-luar-dari-dalam.html

    barangkali ada kekurangan mohon nasehatnya yah

    BalasHapus
  3. who already know, out of the chess board

    BalasHapus
  4. yah bener sy juga suka lady gaga di album the fame nya, lirik & video masih lazim gak jauh2 dari penyanyi pop kbanyakn, hedonism. soal penampilan yg aneh2 sy juga masih respek krn mikir itu masih sbatas entertaint (menarik lho dy berani nabrak pakem). nah klo stylenya skrg yg dah mule kek kesetanan sy jd rada mikir, its ok klo lirik masih nyante lha ini lirik video dah mule tendensius!

    soal judas yg dua versi itu (sy sndiri lagi baca buku judas bukan pengkhianat, kaget juga begitu tau di sana -kalangan barat, orang yang pengkhianat bakal dipanggil judas!). well, kita gak tau siapa yg bener2 'diserang' oleh si lady ini. just my two cents

    BalasHapus
  5. Judas itu dalam islam juga adalah penghianat yang memberitahukan persembunyian nabi isa/yesus dalam agama Kristiani, itu persamaannya tapi kebelakang berbeda alurnya, saya tidak begitu paham dengan judas versi umat kristiani, tapi apa yang anda tulis diatas Judas Versi Idlam sedikit keliru dsn dapat menyebabkan kesalahahpahaman yang Fatal bagi pembaca Anda

    BalasHapus