Asyiknya Membuat Catatan Kuliah

The single, most important top tip that we can think of is to  never underestimate the importance of note taking. (Studying Economics)

Bayangkanlah, ujian akan menghampiri dalam hitungan hari. Waktu yang tersedia untuk belajar pun tinggal sedikit. Sebagai seorang mahasiswa yang memegang teguh prinsip SKS (baca:sistem kebut semalam), saya tentu membutuhkan catatan untuk mempelajari semua materi perkuliahan dalam waktu yang relatif sempit. Belajar dari catatan tentu lebih efisien ketimbang belajar dari buku teks, terlebih lagi catatan biasanya telah merangkum poin-poin penting yang ada di buku teks. Maka dari itu, keberadaan catatan pun menjadi sangat penting bagi mahasiswa, catatan tak ubahnya sebagai suplemen untuk menguatkan mahasiswa dalam menghadapi ujian.

Terkadang saya berpikir bahwa saya tidak perlu membuat catatan karena merasa bisa mengingat poin-poin penting yang disampaikan dosen dalam suatu perkuliahan. Satu, dua hari, atau bahkan seminggu mungkin saya masih bisa ingat, tetapi dalam jangka waktu 2-3 bulan sulit bagi saya untuk mengingatnya. Saya juga tidak yakin ada orang yang bisa mengingat banyak poin dalam jangka waktu yang panjang dengan sempurna, apalagi poin-poin yang harus diingat pun semakin banyak seiring semakin banyaknya kuliah yang diikuti, tak mungkin semuanya bisa ditampung dalam memori dengan sempurna. Poin-poin penting tersebut tentu harus dicatat untuk dibaca di kemudian hari. Bisa saja saya meminjam catatan teman. Tapi perlu diingat bahwa poin-poin yang menurut dia penting, belum tentu penting menurut saya, begitu pula sebaliknya.

Berikut ini tips dalam membuat catatan untuk mahasiswa, khususnya mahasiswa ekonomi yang disadur dari Studyingeconomics.ac.uk. Semoga bermanfaat!

  1. Ketahui materi apa yang akan dibahas sebelum kuliah. Jika anda sudah mengetahui materi apa yang akan dibahas sebelum kuliah itu dimulai, anda dapat mempersiapkan diri dengan membaca-baca referensi terkait. Jika anda bisa mengunduh dan mencetak slide perkuliahan sebelum kuliah, lakukanlah. Kemudian, baca slide tersebut sebelum anda berangkat kuliah untuk membuat anda familiar dengan materi yang akan disampaikan.
  2. Catatan anda hanya anda yang baca. Catatan anda hanya anda yang akan membacanya, jadi pastikan anda bisa membacanya. Tak masalah walaupun tulisan anda terlihat jelek, yang penting anda masih bisa membacanya. Penggunaan tinta berwarna, stabilo, dan garis bawah akan sangat membantu ketika anda membacanya kembali. Jika anda merasa kurang nyaman dengan catatan yang anda buat, anda bisa menuliskannya kembali di rumah atau mungkin diketik sehingga lebih enak dibaca.
  3. Grafik atau gambar membantu menjelaskan poin tertentu. Mencatat tidak hanya sekedar kata-kata, tapi juga melibatkan grafik atau gambar yang bisa membantu menjelaskan suatu poin. Tak ada salahnya juga membuat mindmap. Tapi tunggu dulu, jangan buang waktu dengan membuatnya tampak bagus.
  4. Jangan berusaha mencoba menuliskan segalanya. Jangan berusaha mencoba menuliskan semua kata-kata yang diucapkan dosen. Apabila anda sudah mengerti definisi dan contoh dari suatu konsep, tak perlu lagi anda menuliskannya. If you can write a phrase instead of a sentence, write a phrase. If you can write a word instead of a phrase, write a word. Buat catatan anda sesederhana mungkin, yang penting anda bisa membacanya dan mengerti apa yang dimaksudkan. Akan lebih baik lagi jika anda menggunakan singkatan atau simbol-simbol untuk memudahkan anda dalam mencatat, misalnya: = untuk sama dengan, / untuk atau, (+) untuk keunggulan, (-) untuk kelemahan, dan lain-lain.

Anda juga dapat mempelajari teknik membuat catatan dari handout Successful Lecture Note Taking Strategies dari York University. Selamat mencatat!

Sumber: Studyingeconomics.ac.uk

Posting Komentar

0 Komentar