Senior Thesis Story: 'Defying Gravity'

Satu bulan lagi, saya resmi menyandang predikat mahasiswa tingkat akhir di kampus FEUI tercinta. Tak disangka, ternyata berada di posisi ini tidaklah mudah. Segenap tenaga dan pikiran yang tersisa harus dikerahkan mempersiapkan tugas akhir sambil tetap menjalani kuliah untuk memenuhi kredit (SKS) yang dipersyaratkan. Untuk bisa lulus di program studi S1 di FEUI, mahasiswa harus memenuhi 144 SKS, termasuk tugas akhir (bisa memilih antara skripsi, magang, atau studi mandiri). Sejauh ini, saya sudah mengumpulkan 126 SKS, itu berarti saya bisa lulus semester depan dengan mengambil tugas akhir berupa skripsi (setara 6 SKS) dan beberapa mata kuliah sejumlah 12 SKS. Dengan demikian, 144 SKS pun dapat saya penuhi.


Namun, tidak semudah itu. Menulis skripsi bukanlah hal yang mudah. Apalagi saya masih ragu tentang konsentrasi apa yang akan saya ambil, apakah ekonomi internasional atau moneter? Hal ini membuat saya masih ragu dalam memilih topik skripsi. Belum lagi kesibukan saya di semester depan, mulai dari perkuliahan, organisasi, hingga pekerjaan baru sebagai asisten dosen, akan menyita banyak waktu. Saya tidak yakin skripsi bisa rampung tepat pada waktunya, mengingat kemampuan manajemen waktu saya sangat payah.


Di sisi lain, saya melihat banyak teman-teman seperjuangan (satu angkatan, satu jurusan) yang sudah 'gatal' menyiapkan proposal skripsinya dan berencana lulus satu semester lagi. Tentu, hal ini turut memotivasi saya untuk melakukan hal yang sama. Toh, tak ada salahnya mempersiapkan skripsi semester depan, kalaupun belum rampung masih bisa dilanjutkan di semester berikutnya.


Lalu, saya pun mulai berusaha mencari-cari topik ekonomi yang menarik untuk dijadikan skripsi dengan bermodalkan Internet dan Mbah Google. Dan, ternyata susah mencari topik untuk skripsi, haruskah saya menyerah? Bagi saya, mengambil skripsi di semester ini tak ubahnya menentang gaya tarik bumi atau defying gravity. Oh, mungkin saya harus mendengarkan lagu Defying Gravity (Glee Cast Version) untuk menyemangati keberlanjutan skripsi ini.

Posting Komentar

0 Komentar