Perlukah Galau akan Jodoh?

Jika bertanya pada saya, pasti jawabannya tidak. Untuk apa? Hanya membuang waktu dan pikiran. Bukan berarti saya tidak ingin menikah. Semua orang pasti ingin menikah. Akan tetapi, meraung-raung meratapi nasib terus mempertanyakan kapan datangnya jodoh, siapa dirinya, seperti apa rupanya dan lain sebagainya tentu saja hal yang sia-sia.

Coba pikirkan lagi, apakah dengan bergalau ria jodoh akan seketika muncul di hadapan kalian? Ataukah bergalau membuat Tuhan mengasihani kita dan akhirnya pertemuan dengan jodoh pujaan hati pun dipercepat. Tentu tidak. Uhh! Betapa konyolnya menggalau.

Bagi umat Islam yang senantiasa berpegang teguh pada Alquran, jelas sudah bahwa manusia (bahkan setiap makhluk) diciptakan berpasang-pasangan. Jika memang yakin dan percaya akan kebesaran Tuhan serta senantiasa bersyukur atas segala karunianya, tentu galau akan kisah cinta tak ada gunanya. Sudah seharusnya kita menyakini kebenaran firman Allah dalam Alquran bahwasanya manusia diciptakan berpasang-pasangan. Apabila galau, berarti kita meragukan kebenaran firman tersebut. Maka dari itu tidak sepantasnya tenggelam dalam kegalauan diri.

Biasanya kegalauan muncul tatkala berada dalam kesendirian yang terlalu lama atau tidak adanya kegiatan yang mengisi pikiran dengan hal-hal positif. Kebanyakan bengong dan melamun jadi pemicu galau yang utama. Hilangkan kekosongan pikiran dengan senantiasa mengisi hari dengan beragam kegiatan positif. Misalnya, dengan meningkatkan ibadah seperti salat, mengaji, berdzikir dan lain-lain. Bisa juga dengan berinteraksi dengan individu lain, usahakan hindari interaksi dengan sesama jomblo (teman yang belum punya pasangan) karena hal ini malah dapat menyebabkan dua individu berbagi kegalauan. Kegiatan positif lainnya bisa dengan menekuni minat dan hobi yang akan mengalihkan perhatian kita dari segala kegalauan. Menjadi seorang pekerja keras juga bisa menjadi obat mujarab guna menangkal kegalauan. Niscaya kesibukan akan mengalihkan pikiran dari hal-hal tentang jodoh.

Posting Komentar

0 Komentar