“Learning by Blogging”

UAS tanpa terasa akan segera menjemput. Strategi belajar harus sudah dirancang. Materi-materi yang diujikan harus segera dicicil satu per satu, seperti ibu-ibu bayar kredit perabot rumah tangga. Itulah yang perlu aku cangkam baik-baik, jika tidak kegagalan nista akan siap menjerumuskan diri ini ke lubang yang paling dalam.

Setidaknya, saya sudah memikirkan beberapa strategi yang kiranya cocok bagi saya untuk mulai belajar dari sekarang. Ini dia strategi belajar yang mungkin juga bisa diterapkan siapa saja yang hendak menghadapi ujian berat.

  1. Memberikan perhatian penuh saat dosen menyampaikan materi perkuliahan di kelas.
  2. Mencatat hal-hal yang penting yang disampaikan dosen.
  3. Menanyakan konsep, definisi, atau aplikasi teori yang belum dipahami.
  4. meminjam atau membeli buku teks dan belajar dari buku itu secara rutin.
  5. Belajar bersama teman sekelas di luar jam kuliah.

Akan tetapi, bisa dibilang tips-tips tersebut sudah ketinggalan zaman dan kurang terbukti keampuhannya bagi saya sendiri. Maka dari itu, ada sedikit inovasi yang ingin saya lakukan dalam strategi belajar saya menghadapi UAS di semester 6 ini. Strategi ini dinamakan “learning by blogging” (mungkin sudah ada yang memakai istilah ini).

  1. Mengetik ulang catatan materi kuliah dan menerbitkannya di blog.
  2. Sering-sering membaca artikel-artikel tentang ekonomi di Internet dan mengaitkannya dengan teori yang dipelajari, kemudian memuatnya sebagai tulisan di blog.
  3. Rajin-rajin membaca jurnal ilmiah, membuat review dan ditampilkan di blog.

Ya, semoga strategi ini berjalan sukses dan mendapatkan hasil yang diharapkan. Hidup “learning by blogging”!

Posting Komentar

0 Komentar